NGERUPUK....YUUKKK...PAwai OGOH-OGOH??? LETS GO!!!  

Posted by dexa-danarta

Tepat sehari sebelum Hari raya nyepi, ada sebuah tradisi untuk mengusir roh-roh jahat dari muka Bali. Ya itulah tradisi "Ngerupuk". Tradisi yang telah turun-temurun di laksanakan dari generasi ke generasi, dari jaman nenek moyang colombus menemukan benua amerika...(apa udah ada ya???) heheehe setahu saya, sedari saya kecil hingga berumur segini, pawai ogoh-ogoh ini sudah ada dan dilaksanakan terus.


Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke bali, atau belum pernah mendengar tentang apa itu ogoh-ogoh, anda tentu saja tidak mengerti tentang yang namannya ogoh-ogoh...dan sekarang sudah menjadi tugas saya, karena telah membuat anda tertarik untuk membaca artikel ini, menjelaskan apa yang disebut Ogoh-ogoh.




Karena cukup kesulitan menerangkan dalam kata-kata, semoga gambar diatas bisa membantu anda untuk mengerti tentang apa yang disebut ogoh-ogoh. Terbuat dari potongan bambu yang dijalin rapi hingga terbentuk bentuk yang seperti anda lihat di foto tersebut, lalu dibungkus dengan kertas pembungkus yang seingat saya menggunakan kertas pembungkus semen(maklum saya pernah liat or
ang membuatnya waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar, dan sekarang kurang tahu apa masih menggunakan pembungkus tersebut ato tidak.) lalu diwarnai dan di beri hiasan sedemikian rupa sesuai dengan yang diinginkan. Besar dan bentuknya pun bervariasi (biasanya sesuai dengan perwujudan roh-roh jahat versi bali), sesuai dengan dana yang dimiliki oleh pembuat, dan melihat dari segi kerumitan, ogoh-ogoh ini sangat tidak mungkin untuk dikerjakan sendiri. Tapi bukan tidak mungkin bagi anda yang benar-benar maniak dan perfeksionis dalam bekerja untuk mengerjakannya seorang diri.hwehwehwe....

Ogoh-ogoh ini nantinya akan diarak berkeliling sejauh kekuatan orang-orang yang mengangkatnya, hwhewe. dan diakhir acara ogoh-ogoh ini akan dibawa kekuburan untuk di bakar. wahhh, sayang bukan jika ogoh-ogoh sebagus ini dibakar???



bagi anda penggemar naruto dan the lord of the ring, tentu tahu ini ogoh-ogoh apa..






saya juga kurang mengerti maksud pembuat ogoh-ogoh ini, apa roh-roh jahat maw pergi melihat wanita seksi nya??atau malah marah karena nantinya ogoh-ogoh ini akan dibakar????hwehwehwe..bukan bidang saya

This entry was posted on Saturday, March 8, 2008 at Saturday, March 08, 2008 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment