NYEPI - men - "sepi" - kan diri sehari  

Posted by dexa-danarta

Pernahkan anda bayangkan, sebuah kota yang biasanya selalu ramai dengan hiruk-pikuk kendaraan bermotor, orang-orang yang berlalu-lalang, Berbagai macam aktifitas dalam satu pulau terhenti dalam satu hari? Tidak ada yang keluar rumah, tidak ada suara ribut orang-orang atau kendaraan bermotor, dan tidak ada cahaya......


'Nyepi' atau sepi dalam bahasa indonesia, merupakan tahun barunya umat hindu di BALI. Namun berbeda dengan tahun baru yang biasa kita adakan setiap tanggal 1 januari, perayaan hari raya nyepi dirayakan dengan men-sepi-kan(meniadakan) segala aktifitas yang biasa kita jalankan sehari-hari dan berdiam diri didalam rumah. Ada beberapa keunikan dalam perayaan hari raya nyepi ini.

(1) kita tidak boleh keluar rumah. Jadi selama satu hari nyepi tersebut,semua orang yang tinggal di bali sangat dilarang untuk keluar dari halaman rumahnya masing-masing. Terutama di malam hari. Kenapa? Anda akan tahu sebentar lagi.

(2) Dilarang membuat suatu keributan, karena pada saat nyepi ketenangan sangat diutamakan.

(2)tidak boleh menghidupkan segala jenis cahaya apapun,baik itu lampu,senter,korek,kompor,televisi,dan laen sebagainya. Jadi di malam hari suasana bali bisa dikatakan gelap total. Jadi sangat tidak memungkinkan bagi anda untuk meninggalkan rumah.

Jadi bagi anda yang tidak pernah melihat suasana nyepi di bali,anda bisa membayangkan suasana kota racoon cityna resident evil yang benar-benar sepi seperti kota mati,hanya saja tanpa zombie yang siap memangsa anda.

Hal yang paling menarik dan paling mendebarkan untuk dilihat adalah suasana langit malam pulau bali. Karena jika anda beruntung suasana tidak mendung,anda dapat melihat jutaan bintang bertaburan di angkasa. Bahkan tak jarang anda dapat melihat bintang jatuh dengan mata telanjang bulat. Suasana yang romantis untuk setiap pasangan yang melewati malam nyepi di bali. Dalam kegelapan malam dan beratapkan bintang , diselimuti angin yang berhembus sepoi-sepoi dan diiringi suara binatang malam yang mengiringi lahirnya sang bulan ,anda dan pasangan anda.......
Selanjutnya terserah imajinasi anda untuk mengekspresikan suasana tersebut.

This entry was posted on Saturday, March 8, 2008 at Saturday, March 08, 2008 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment